News Update :

[Inspirasi Luar Biasa] Kaki Tangan Buntung Jadi Motivator dan Inspirator Kelas Dunia

Rabu, 29 Mei 2013

13698783151339923617
picture : Silke Stuckenbrock/gong.free.adv.
Setiap orang ,dalam perjalanan hidupnya ,mungkin pernah merasakan sebagai orang yang paling menderita dan paling malang nasibnya di dunia ini. Bila hal ini dibiarkan berlarut,akan menyurutkan semangat hidup ,memudar dan kemudian padam…putus asa…

Karena itu, sesekalikita perlu melihat sekeliling . Ada jutaan orang orang yang jauh lebih menderita ,salah satunya adalah orang orang yang invalid (cacat),baik sejak lahir,maupun karena kecelakaan atau penyebab lainnya.

Mengunjungi salah satu panti asuhan anak anak cacat,merupakan salah satu solusi terbaik. Karena akan menghasilkan manfaat ganda: melahirkan rasa peduli ,simpati serta empati kepada sesama . Sekaligus membuka mata hati ,bahwa ternyata diluar diri kita,ada jutaan orang yang jauh lebih menderita. Dibandingkan dengan mereka,penderitaan yang kita alami,tidak ada apa apanya.

Bila selama ini,pikiran dan hati ,serta seluruh indra kita,terpaku pada “saya ” dan secara sadar atau tidak ,mengiring kita menjadi manusia yang egois. Salah satu diantara orang itu adalah penulis sendiri. Karena sakit dan derita,kita merasa berhak untuk menjadi pusat perhatian keluarga dan orang orang sekitar kita.
Dengan melihat dari dekat,mendengarkan bagaimana dalam kondisi tubuh yang cacat,kaki  atau tangan buntung,tidak memiliki jari jari tangan,buta,tuli dan bisu,anak anak ini,bernyanyi:

:” Sungguh Mahabesarlah Tuhan…
segala puji dan syukur kami kepadaMu..
untuk karunia hidup yang telah kami terima…”

Siapapun kita,selama masih memiliki setitik hati nurani,akan tergugah dan menangis,menyaksikan semuanya ini. Dan memberikan kita pencerahan ,bahwa jangan pernah menjadi  orang yang tidak tahu menyukuri hidup!

BUNTUNG KAKI DAN TANGAN,TAPI MENJADI MOTIVATOR DAN INSPIRATOR DUNIA
13698785881476124727
Paul ,berlatih diri,walau masih di rumah sakit. Kegigihan dan semangat hidupnya,mampu memotivasi jutaan orang cacat di dunia/picture: silke stuckenbrock/gong.free.adv
Salah satu dari sekian juta orang orang cacat,entah karena apa,adalah Paul de Gelder,yang tinggal di Australia. Pria bertubuh atletis dan gagah ini, tidak pernah bermimpi,bahwa suatu waktu ia akan kehilangan sebelah kaki dan tangannya.

Namun,seperti kata pepatah :” Untung tidak dapat diraih,malang tidak dapat ditolak”,tahun 2011 ,ketika Paul sedang ikut latihan penyelamatan dilaut lepas,tiba tiba diserang seekor  ikan Hiu raksasa. Teman temannya berusaha menyelamatkan dan melarikan Paul dengan helikopter kerumah sakit terdekat. Tetapi lukanya sudah terlalu parah .Tidak hanya daging ,tapi sebelah tulang kaki dan lengannya remuk. Team dokter ahli tidak berdaya. Satu satunya jalan adalah amputasi. Berarti sebelah kaki  dan sebagian lengannya harus dipotong.
Sejak itu Paul menjadi manusia invalid.Satu kata yang amat sangat menyakitkan. Team dokter dan teman temannya ,menyarankan agar Paul dirawat dipusat rehabilitasi kejiwaan,karena dikuatirkan akan frustasi dan melakukan hal hal yang tidak diinginkan,yaitu bunuh diri. Bayangkan,dari seorang pria gagah dan kuat,kini menjadi seorang yang cacat.

Tetapi Paul dengan keras menolak. Ia yakin akan mampu mengatasi masalahnya. Bahkan ketika masih terbaring ditempat tidur dirumah sakit,Paul minta disediakan alat olah raga. Dengan sebelah tangan yang masih utuh, ia membina ,tidak hanya raganya,tetapi juga jiwanya. Paul ingin membuktikan pada dirinya ,teman teman dan pada dunia,bahwa cacat phisik,bukan berarti segalanya sudah berakhir.

Hanya selang empat bulan ,setelah keluar dari rumah sakit,Paul sudah terjun parasut didampingi temannya. Dan ia juga membuktikan,bahwa sekalipun  kaki dan tangannya buntung karena diserang Hiu,ia tidak mengalami trauma. Paul berenang bersama seekor ikan Hiu,disalah satu akuarium raksasa.

Tekad dan kemauan yang luar biasa Paul,mengundang perhatian berbagai media. Ia diundang untuk menceritakan kisah hidupnya yang dramatis. Maka sejak waktu itu Paul ,menggubah jalan hidupnya,dari seorang life guard dilaut,menjadi seorang motivator dan inspirator . Ia berbicara di hadapan penderita kanker,penderita cacat dan orang orang yang mengalami trauma yang mendalam,memberikan mereka pencerahan,bahwa sakit dan cacat phisik,bukan berarti hidup sudah berakhir.

Saat ini,Paul adalah salah satu dari Motivator dan Inspirator kelas dunia . Ia diundang sebagai pembicara di mana mana,termasuk di Amerika Serikat. Minggu  ini,panitia menyelenggarakan suatu acara jamuan makan malam.bersama Paul ,yang akan diselenggarakan di Austinmer Surl Life Saving Club- New South Wales. Tiket bisa diperoleh dengan biaya $.40.-per orang,dengan menghubungi nomer: 0408 273 443. Tetapi ternyata saya terlambat menghubungi,Karena dalam waktu singkat sudah fullybook. Penuh. Karena begitu antusiasnya masyarakat ingin melihat dan mendengarkan kisah hidup,bagaikan dongeng ,dari Paul de Gelder.
Refleksi:

Membaca sebuah kisah hidup,bisa disikapi dengan 2 cara:
  1. hanya sebagai sebuah bacaan ,mengisi waktu senggang
  2. memetik hikmahnya,bahwa ketika kita merasa sebagai orang yang paling malang di dunia,ketahuilah bahwa diluar sana,masih banyak orang ,yang jauh lebih menderita daripada kita.

Hidup adalah sebuah proses pembelajaran diri tanpa akhir.Kita bisa belajar dari siapapun,bahkan dari setiap kejadian ,betapapun kecilnya. Hal hal kecil,yang bila dimanfaatkan ,akan menghasilkan perubahan besar dalam kehidupan kita..Tempat belajar itu bernama:” Universitas Kehidupan atau University of Life.” Sebuah universitas yang multidimensi.

Kata orang pintar:” Belajarlah dari pengalaman anda.karena pengalaman adalah guru terbaik. ” Tetapi kata orang bijak :” Jangan hanya belajar dari pengalaman anda sendiri,tetapi belajarlah juga dari pengalaman orang lain,karena akan menghadirkan kearifan hidup”.

Pilihan ada ditangan kita. The choice is Yours,but Your Choice is Your Life.

(Tulisan ini terinspirasi oleh kisah hidup yang di muat di LIVING TO TELL THE TALE- Free Wollongong Bulettin Advertiser.)

Desa Mount Saint Thomas, 30 Mei.2013
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Situs Motivasi dan Inspirasi 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.